12 Mesin Pencari Selain Google yang Tidak Diblokir

Google saat ini menjadi mesin pencari yang paling populer. Entah mengapa, padahal ada banyak mesin pencari selain Google yang dapat digunakan dan tentu saja memiliki berbagai fitur dan keunggulan tersendiri.

Mungkin salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih Google karena hasil pencarian yang ditampilkan lebih lengkap dari mesin pencari lainnya.

Menurut reliablesoft.net pangsa pasar Google di seluruh dunia mencapai 81.5% sampai 92.96%. Angka yang luar biasa bukan! Apalagi jika dibandingkan dengan mesin pencari lainnya seperti Bing 2.34%-5.29% dan Yahoo dengan kisaran antara 1.64%-2.04%.

Melihat datanya saja akan langsung membuat kita sadar betapa besarnya jumlah pengguna Google yang ada di seluruh dunia. Tapi terlepas dari itu mari kita coba melihat kepada angka yang ada pada Bing dan Yahoo, meskipun angkanya kecil tapi jika dihitung jumlah penggunanya akan mendapatkan hasil yang cukup besar.

Itu tandanya mesin pencari selain Google seperti Bing dan Yahoo masih digunakan sampai saat ini. Apa alasan sebenarnya mesin pencari tersebut dipakai? Jawabannya tentu saja terletak pada fitur dan kelebihan yang ada.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, ada artikel yang kadang tidak muncul di Google saat kita melakukan pencarian dan anehnya artikel tersebut saya temukan di mesin pencari lainnya.

Itu mungkin saja disebabkan oleh posisi artikel, filter dan peraturan dari setiap mesin pencari untuk setiap artikel. Daripada terlalu lama membahas hal tersebut, ada baiknya kita langsung melihat hal berikut ini.

12 Mesin Pencari Selain Google

1. Baidu

Baidu, Mesin Pencari Selain Google

Baidu merupakan mesin pencari asal negeri Cina. Berasal dari negeri dengan jumlah penduduk terbanyak, membuat Baidu memiliki banyak pengguna. Tidak hanya itu saja, jika dilihat market share dalam negeri maka Baidu memiliki 74%. Ini adalah angka yang sangat tinggi jika dibandingkan Google yang hanya 1,7% saja pada juli 2018.

Mesin pencari ini dapat Anda gunakan ketika ingin mencari informasi ataupun hal-hal seputar negeri Cina, selain itu Anda wajib mengerti aksara Han (Hanzi) saat menggunakan mesin pencari yang satu ini.

2. Bing

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi mesin pencari Bing, maka Anda akan melihat gambar dengan resolusi tinggi yang ada pada halaman depan. Tampilan tersebut dapat Anda ganti dengan cara menekan < atau > yang ada pada bagian bawah halaman. Tentu ini akan semakin menambah daya tarik dari segi tampilan pada mesin pencari yang satu ini.

Pada bagian menu Bing terdapat menu seperti MSN Office Outlook.com, hal tersebut ada karena Bing bekerja sama dengan Microsoft.

3. Yahoo! Search

Yahoo! Search, Mesin Pencari Selain Google

Jika berbicara tentang mesin pencari yang satu ini saya rasa cukup banyak yang tahu, mengingat Yahoo! adalah mesin pencari yang sangat terkenal di tahun 2000an dengan jumlah pengguna terbanyak saat itu. Namun dengan hadirnya mesin pencari seperti Google dan Bing sehingga akhirnya posisi Yahoo! tergeser.

Namun yang menarik dari Yahoo, sampai saat ini mesin pencari ini masih aktif dan penggunanya masih banyak. Mesin pencari yang dibuat pada tahun 1995 ini memiliki layanan seperti Yahoo!Mail, Finance, News, Answers dan Sports.

Yahoo telah bekerja sama denga Microsot dan Bing untuk memberikan hasil yang lebih baik dalam pencarian.

4. DuckDuckGo

Jika Anda adalah orang yang paling mengutamakan privasi, maka mesin pencari DuckDuckGo patut untuk Anda coba. Seperti taglinenya; “Privacy, Simplified“. Mesin pencari ini tidak akan menyimpan data pencarian ataupun data akun pribadi milik Anda.

Perlindungan yang diberikan dari mesin pencari ini adalah filter bubbles, membatasi data profiling dan mengurangi advertiser tracking. Dengan hal tersebut maka akan menjamin keamanan Anda saat menggunakan mesin pencari yang satu ini.

5. Search Encrypt

Search Encrypt hampir mirip seperti DuckDuckGo, memberikan perlindungan privasi dan keamanan data para pengguna. Kombinasi SSL dan AES-265 encryption. Dengan menggunakan Search Encrypt maka Anda akan dapat melakukan penelusuran, gambar, video ataupun maps secara aman dan terlindungi.

6. Yandex

Jika Cina memiliki Baidu, maka Rusia memiliki mesin pencari Yandex. Yandex adalah mesin pencari asal Rusia yang diciptakan pada tahun 1997. Meskipun mesin pencari ini berasal dari Rusia, namun Yandex dapat digunakan oleh berbagai bahasa termasuk Indonesia.

Selain itu pada halaman depan Yandex terdapat menu fitur Images, Video, Mail, Maps AppMetrica, Translate dan Browser yang dapat langsung Anda gunakan dengan mudah. Yandex sangat populer di Rusia dengan pangsa pasar lebih dari 50% jika dibandingkan dengan Google yang hanya 46%.

7. Naver

Naver adalah mesin pencari asal Korea Selatan. Naver memiliki keakuratan dalam memberikan hasil pencarian, hal ini berkat penggunaan bahasa Korea. Bagi Anda yang ingin menggunakan Naver maka sebaiknya mempelajari terlebih dahulu bahasa Korea.

8. Qwant

Qwant hadir untuk memberikan pencarian yang aman dengan melindungi data dan privasi Anda di internet. Selain itu Qwant hadir dengan 2 mesin pencari lainnya yang terfokus pada konten anak-anak yaitu Qwant Junior dan pencarian khusus untuk musik yaitu Qwant Music.

9. Wolfram Alpha

Wolfram Alpha adalah mesin pencari yang mungkin berbeda dengan mesin penari lainnya. Wolfram Alpha memmpunyai visi untuk membuat seluruh ilmu pengetahuan dapat diakses oleh publik. Jadi yang akan didapatkan dari mesin pencari ini yaitu berbagai macam informasi tentang pendidikan.

Selain itu juga jika Anda menggunakan mesin pencari ini maka hasil pencarian yang akan ditampilkan bukanlah alamat situs suatu website atau blog melainkan berbagai ringkasan atau topik yang berhubungan dengan apa yang Anda cari.

10. StartPage

StartPage berkomitmen untuk memberikan pencarian yang akurat dengan keamanan yang terjamin. Cara kerja StartPage yaitu dengan membayar Google agar dapat menggunakan sistem pencari yang dimiliki Google dan turut menghilangkan trackers, sehingga informasi Anda tidak dapat dicuri oleh siapapun.

11. Dogpile

Dogpile merupakan gabungan dari berbagai mesin pencari seperti Google, Yahoo!, MSN dan Yandex. Hal tersebut berarti Dogpile sangat bisa dijadikan sebagai mesin pencari karena memiliki sumber yang sangat banyak. Dogpile juga mengatakan bahwa bisa menampilkan informasi 50% lebih banyak dibandingkan mesin pencari lainnya.

12. AOL

AOL, Mesin Pencari Selain Google

Mesin pencari AOL (America Online) adalah mesin pencari asal Amerika yang telah bekerja sama dengan Microsoft dan Bing. AOL dapat digunakan untuk mencari berbagai informasi dan dapat digunakan oleh orang Indonesia karena mesin pencari ini telah mendukung pencarian menggunakan bahasa Indonesia.

Saat ini ada begitu banyak mesin pencari yang dapat digunakan dengan beragam fitur serta kelebihan yang ditawarkan. Anda dapat memilih mesin pencari mana yang kira-kira cocok untuk Anda pakai. Selain itu keakuratan mesin pencari juga patut Anda perhitungkan dalam menggunakan mesin pencari, sehingga hasil yang Anda dapatkan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Leave a Comment